Hunchentoot: standalone vs. mod_lisp

Tulisan ini meralat tulisanku di sini tentang mengapa tidak menggunakan mod_lisp untuk menghubungkan Hunchentoot dengan Apache. Setelah membaca-baca lagi spesifikasi dan cara penggunaan Hunchentoot, sekaligus baca-baca mailing list tbnl-devel, aku meralat alasanku dan menemukan alasan-alasan yang lebih kuat dan logis:

  1. Menggunakan mod_lisp tidak membuat Hunchentoot dan Apache harus dipasang pada mesin yang sama. Dengan memberikan setting yang tepat pada konfigurasi Apache (httpd.conf), kita bisa menggunakan mod_lisp untuk membuat Apache bekerja bersama dengan Hunchentoot yang dipasang pada mesin yang berbeda. Dengan demikian alasan tidak menggunakan mod_lisp untuk mengantisipasi Hunchentoot yang akan dipasang pada mesin yang berbeda dengan Apache tidak lagi relevan.
  2. Kemampuan Hunchentoot menggunakan mod_lisp sebagai perantara untuk bekerja bersama dengan Apache kemungkinan besar akan dihilangkan. Ini dilakukan untuk menyederhanakan code base Hunchentoot dan dengan demikian mempermudah proses debugging. Selain itu, Hunchentoot akan dikembangkan menjadi full-fledged, full-featured, standalone web server. Dengan demikian penggunaan mod_lisp menjadi tidak strategis.